Frequently Ask and Question/Pertanyaan yang Sering Ditanyakan
Last Updated : 01 November 2024 10:15- Undergraduate
- Undergraduate (Bandung)
- Undergraduate (Malang)
- Undergraduate (Semarang)
Apa saja dokumen yang dibutuhkan untuk daftar ulang?
Dokumen yang harus di upload yaitu
- Bukti transaksi pembayaran biaya kuliah.
- Akta Kelahiran.
- Kartu Keluarga.
- KTP (bagi yang sudah memiliki KTP).
- Foto formal terbaru.
- Ijazah & Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional (SKHUN) atau sederajat yang telah dilegalisir oleh kepala sekolah, dapat disusulkan paling lambat tanggal 31 Agustus 2025 (khusus lulusan 2019 dan sebelumnya).
- Ijazah & Rapor kelas X sampai dengan XII atau sederajat yan telah dilegalisir oleh kepala sekolah, dapat disusulkan paling lambat tanggal 31 Agustus 2025 (khusus lulusan 2020 dan setelahnya).
Bagaimana cara pembukaan rekening BCA?
- Khusus untuk Binusian 29 perkuliahan September 2025 pembukaan rekening BLU by BCA Digital juga dilakukan secara online dengan cara log in ke BINUSmaya -> klik icon titik-titik sebelah kanan bawah -> klik icon blu -> masukan no handphone kalian lalu ikuti prosesnya.
Apakah harus membuat rekening BCA di BINUS jika sudah mempunyai rekening BCA?
- Khusus untuk Binusian 29 (Seluruh lokasi kampus S1 Reguler) untuk perkuliahan September 2025 maka pembukaan rekening BCA untuk keperluan autodebet wajib membuka rekening BLU by BCA Digital, tetapi jika sudah mempunyai rekening BLU maka sudah bisa langsung log in dengan nomor handphone pada akun BINUSmaya kalian ya.
Apa saja syarat untuk mengajukan pengembalian dana?
Syarat untuk mengajukan pengembalikan dana yaitu calon mahasiswa tidak lulus SMTA atau diterima sekaligus telah melakukan proses daftar ulang di Perguruan Tinggi Negri (PTN) dibawah Kementerian Pendididkan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia jenjang strata-1 (S1) kecuali Universitas Terbuka dan PTN yang di selenggarakan oleh kementerian lainnya, maka seluruh dana akan dikembalikan, dipotong biaya administrasi Rp 5.000.000,-
Apa saja dokumen untuk mengajukan pengembalian dana?
Dokumen tambahan yang perlu dilengkapi untuk keterima di PTN yaitu
- Kartu peserta tes di PTN.
- Hasil penerimaan di PTN.
- informasi jadwal periode pembayaran dan pendaftaran ulang di PTN.
- Bukti pembayaran biaya kuliah di PTN (dokumen ASLI wajib diupload).
- Bukti penerimaan pendaftaran ulang atau kartu mahasiswa di PTN (dokumen ASLI wajib diupload).
- Foto diri memegang Bukti pembayaran biaya kuliah di PTN.
- Formulir Pendaftaran Ulang di PTN.
- Jika ada Paket Mahasiswa Baru BINUS UNIVERSITY yang telah diambil (Jaket Almamater, BINUSIAN Flazz Card, dll) dikembalikan secara fisik ke Admisi Binus University.
Sedangkan untuk yang tidak lulus SMTA yaitu
- Surat Keterangan Tidak Lulus SMTA dari Kepala Sekolah (ASLI) yang mencantumkan nama siswa, tempat & tanggal lahir, alamat, dan menggunakan kop surat sekolah yang bersangkutan.
- Jika ada Paket Mahasiswa Baru BINUS UNIVERSITY yang telah diambil (Jaket Almamater, BINUSIAN Flazz Card, dll) dikembalikan secara fisik ke Admisi Binus University.
Bagaimana cara mengajukan pengembalian dana?
Cara mengajukan pengembalian dana dengan meng-upload semua dokumen secara lengkap di website pendaftaran menu REFUND DANA pada step ke 3.
Bagaimana cara membuat BINUSIAN FLAZZ CARD ?
Cara membuat BINUSIAN Flazz Card dengan mengakses http://www.binus.ac.id/daftaronline pada Step 3 – Informasi First Year Program (FYP) : BINUSIAN Flazz Card/Kartu BINUSIAN dengan memilih design kartu yang diinginkan.
Orientasi dilakukan pada bulan Juli – Agustus sebelum perkuliahan September di mulai.
Berapa lama orientasi dilaksanakan?
Orientasi dilaksanakan sekitar 1 minggu.
Bagaimana mengetahui jadwal orientasi?
Cara mengetahui jadwal orientasi dengan mengakses http://www.binus.ac.id/daftaronline pada step 3 –> Informasi First Year Program (FYP).
Bagaimana mengetahui nominal pembayaran biaya kuliah semester 1?
Cara mengetahui nominal pembayaran biaya kuliah dengan mengakses http://www.binus.ac.id/daftaronline pada step 2-> Pembayaran Biaya Kuliah.
Bagaimana cara melalukan pembayaran biaya pendidikan semester 1?
Cara melalukan pembayaran biaya kuliah dengan mengakses http://www.binus.ac.id/daftaronline pada step 2-> Pembayaran Biaya Kuliah-> scroll kebawah -> klik petunjuk pembayaran.