FAQ - Pendaftaran dan Pengajuan
Last Updated : 07 July 2025 17:17- Undergraduate
- Undergraduate (Bandung)
- Undergraduate (Malang)
- Undergraduate (Semarang)
Apakah tersedia jalur transfer pendaftaran?
BINUS belum menyediakan jalur transfer pendaftaran.
Bagaimana cara mengajukan pindah program?
Cara mengajukannya dengan mengirimkan email permohonan pindah jurusan ke infobinus@binus.edu lalu akan diberikan formulir pindah program, setelah itu formulir yang sudah kalian isi bisa di scan dan kirimkan kembali.
Apa syarat mengajukan pindah program?
1.Proses pindah program akan dikenakan biaya administrasi sebesar Rp 3.000.000 (tiga juta rupiah) apabila:
- Permohonan pindah program diajukan setelah tanggal 31 Juli 2025 dan/atau.
- Permohonan pindah program dilakukan untuk kedua kalinya dan atas permohonan pindah program sebelumnya telah disetujui oleh BINUS UNIVERSITY.
2.Batas waktu pengajuan permohonan pindah program adalah sampai dengan tanggal 18 Agustus 2025 untuk perkuliahan September 2025.
3.Apabila terdapat kekurangan pembayaran Dana Pendidikan Program Pindahan, maka pemohon bersedia membayar kekurangan Dana Pendidikan tersebut, yang jadwal dan jumlahnya ditentukan oleh BINUS UNIVERSITY.
Bagaimana cara mengajukan pindah lokasi kampus?
Cara mengajukannya dengan cara mengirimkan email permohonan pindah lokasi kampus ke infobinus@binus.edu akan diberikan formulir pindah lokasi kampus setelah itu formulir yang sudah kalian isi bisa di scan dan kirimkan kembali.
Apa syarat mengajukan pindah lokasi kuliah?
Syaratnya dengan mengisi formulir pindah lokasi kampus dan mendapat persetujuan dari kampus sebelumnya.
Bagaimana cara pengajuan cicilan atau angsuran pembayaran tanpa menggunakan kartu kredit?
Berikut adalah cara mengajukan cicilan atau angsuran pembayaran tanpa kartu kredit.
- Buat surat pengajuan yang dikirimkan melalui email infobinus@binus.edu
- Cantumkan data seperti: nama lengkap, nomor formulir dan jurusan
- Jelaskan alasan mengajukan cicilan pembayaran
- Jelaskan rencana cicilan dan nominal cicilan pembayaran
- Lampirkan dokumen seperti: KTP orangtua, KK, rekening tabungan 3 bulan terakhir.
Note: Pengajuan akan diterima jika memenuhi syarat dan dokumen lengkap. Jika terdapat kekurangan atau ketidaksesuaian, maka pengajuan dapat ditolak.
Apakah bisa memilih lebih dari (1) satu program?
Bisa, dengan cara memilih lebih dari satu program adalah dengan melakukan dua kali pembayaran pendaftaran sekaligus.
Apa perbedaan dari Single Degree/ Double Degree/ Master Track Programs?
Calon Mahasiswa yang mengambil single degree dapat lulus dengan 1 gelar saja, Calon Mahasiswa yang mengambil Double Program dapat lulus dengan mendapatkan 2 gelar (S1+S1) sekaligus dalam waktu 4 tahun, dan Calon Mahasiswa yang mengambil program Master Track dapat lulus dengan mendapatkan 2 gelar (S1+S2) sekaligus dalam waktu 5 tahun.
Apa saja syarat pendidikan untuk semua program?
Syarat Pendidikan terbagi menjadi 3 yaitu yang pertama SMA (IPA)/SMK/Kurikulum Merdeka (jurusan tertentu dapat dilihat di binus.ac.id/persyaratan-pendaftara) untuk School of Computer Science dan Faculty of Engineering, sedangkan SMTA/SMK Sederajat (semua jurusan) untuk School of Design, School of Information Systems, Business School Undergraduate Program, School of Accounting, Faculty of Digital Communication and Hotel & Tourism, dan Faculty of Humanities