Berlaku di :
  • BINUS @Greater Jakarta

Apa itu Portal Parent

Peran serta orangtua dalam keberhasilan studi mahasiswa sangatlah penting. Butuh kerjasama antara mahasiswa, orangtua dan universitas dalam rangka mendukung keberhasilan studi mahasiswa di level perguruan tinggi.

Pada level Pendidikan di perguruan tinggi, dibutuhkan pendampingan dan proses pemantauan belajar yang dijalani oleh mahasiswa. Namun prosesnya berbeda dengan pendidikan di jenjang sebelumnya. Oleh karena itu orangtua membutuhkan media informasi yang tepat agar proses pendampingan ini tetap bisa dilakukan tanpa campur tangan yang berlebihan.

Binus University menyediakan fasilitas pendukung berupa Portal Parent yang bisa diakses melalui website maupun mobile khusus untuk orangtua sejak tahun 2006. Melalui Portal Parent ini diharapkan orangtua secara berkala bisa melihat perkembangan studi mahasiswa yang sedang dijalani baik terkait dengan proses registrasi dan keuangan, keaktifan mahasiswa, kehadiran di kelas, jadwal belajar dan ujian serta info penting lainnya. Selain itu, Portal Parent juga bisa menjadi salah satu alternatif media komunikasi antara orangtua dengan universitas.

Siapa yang bisa mengakses Portal Parent

Untuk menunjang keberhasilan studi mahasiswa, Binus University menyediakan media yang bisa diakses, baik oleh mahasiswa itu sendiri maupun orangtua.

Pada mahasiswa biasanya dikenal dengan platform Binus Maya dan Mobile Student, ini di peruntukan khusus untuk mahasiswa, baik username dan password hanya mahasiswa bersangkutan saja yang mengetahuinya, kemudian ada Portal Parent, ini dikhususkan untuk orangtua, baik usernamedan password hanya orangtua mahasiswa bersangkutan saja yang mengetahuinya.

Hal ini ditujukan agar mahasiswa dan orangtua bisa saling menghormati perannya masing-masing serta dipersilakan mempergunakan sesuai dengan kebutuhannya.

Bagaimana cara mengakses Portal Parent

Orangtua bisa mengakses Portal Parent di http://parent.binus.ac.id, dengan menggunakan username dan password.  Data username,  diisi dengan NIM mahasiswa (berjumlah 10 digit), sementara password di awal akses adalah  binusddmmyyyy.

Keterangan :

dd        = tanggal lahir mahasiswa 2 digit

mm     = bulan lahir mahasiswa 2 digit

yyyy     = tahun lahir mahasiswa 2 digit

Ketika sudah login, orang tua/wali yang mengakses disarankan mengganti agar password  awal. Proses penggantian password, bisa diakses pada menu di sebelah kanan atas (pada menu : Account Settings) agar password bisa lebih mudah diingat dan kerahasiaan terhadap password yang diberikan bisa tetap terjaga.

Contoh :

NIM mahasiswa                     = 1234567890

Tanggal lahir mahasiswa        = 01 April 2002

Maka :

Username       : 1234567890

Password        : binus01042002

Untuk browser internet silakan gunakan: Internet Explorer, Mozzila Firefox atau Chrome.

 

Setelah berhasil login, orangtua sangat disarankan agar segera mengganti password dengan cara :

Klik : Dashboard Account Settings dan ikuti arahan mengenai Penggantian Password, yaitu :

  1. Format password kombinasi antara Angka (0 – 9) dan Huruf (ada huruf besar & ada huruf kecil)
  2. Tidak ada spasi
  3. Panjang karakter password minimal 8 karakter

Contoh : BumiAyu3456

Tampilan:

 

Selain dalam bentuk Web (Portal Parent), Binus University juga menyediakannya dalam bentuk Mobile, yaitu di Binus Mobile for Parent yang terdapat di apps store google.

Berikut adalah langkah-langkah mengunduh Aplikasi Binus Mobile for Parent , yaitu :

  1. Klik Play Store
  2. Pilih/cari : Binus Mobile for Parent
  3. Klik Install

Tampilan :

Adapun cara login, sama seperti login ke Web Portal Parent.

Mengapa perlu mengakses Portal Parent

Keberhasilan studi mahasiswa ditentukan oleh mahasiswa itu sendiri sebagai individu yang menjalani perkuliahan, namun di sisi lain mahasiswa membutuhkan pula dukungan dari orang tua dan pihak universitas yang bisa mengantarkannya agar lulus tepat waktu.

Orangtua diharapkan bisa menjadi partner bagi Universitas dalam rangka keberhasilan studi mahasiswa. Binus menyadari pentingnya peran orangtua dalam mendampingi kesuksesan belajar mahasiswa, oleh karena itu melalui fasilitas portal parent ini orangtua bisa mengetahui proses belajar yang dijalani mahasiswa dan perkembangan studi mahasiswa setiap saat. Hal ini bisa pula berguna sebagai sarana komunikasi antara orang tua dan pihak kampus apabila ada kendala yang muncul saat menjalani perkuliahan yang bisa menghambatnya agar bisa lulus tepat waktu. Melalui komunikasi yang baik antara pihak kampus dan orangtua maka diharapkan kendala yang dialami oleh mahasiswa bisa segera diatasi dan mahasiswa mendapat solusi terhadap permasalahan yang dihadapinya.

Kapan sebaiknya mengakses Portal Parent

Orang tua bisa mengakses fasilitas portal parent ini kapan saja karena informasi yang ada dalam fasilitas ini terus diperbaharui sesuai dengan kondisi terkini mahasiswa terutama pada bagian kehadiran di kelas. Namun, idealnya proses pendampingan atau penggunaan fasilitas portal parent dilakukan 3x dalam 1 semester, yaitu ketika memulai awal semester atau sebelum UTS (Ujian Tengah Semester) dan sebelum UAS (Ujian Akhir Semester) serta akhir semester agar bisa mengetahui hasil capaian studi yang sudah di jalani oleh mahasiswa selama semester tersebut.

Ada informasi penting apa saja di Portal Parent

Terdapat beberapa informasi penting di Portal Parent, seperti: capaian studi mahasiswa berupa IPK dan SKS kumulatif, keuangan, jadwal perkuliahan mahasiswa, kehadiran perkuliahan mahasiswa, kurikulum dll.

Pada Portal Parent juga tersedia menu untuk berkorespondesi dengan Universitas yang nantinya akan direspon oleh tim terkait dalam waktu maksimal 3 hari kerja.